Oleh: muhammadyusufansori | Januari 21, 2010

Inspirasi dari Kebun Sayur Ibu Negara

Di dunia ini ada banyak hal sederhana yang sudah dilupakan orang. Padahal hal sederhana itu bisa menjadi sesuatu yang luar biasa jika dilakukan oleh banyak orang. Salah satunya adalah bercocok tanam di pekarangan rumah kita. Dengan bercocok tanam, minimal ada tambahan pangan yang bisa dikonsumsi setiap hari. Selain sehat, juga menguntungkan secara ekonomi.

Bagi ibu negara Amerika Serikat Michelle Obama, kebunnya di Gedung Putih bukan sekadar lahan bercocok tanam untuk menghabiskan waktu luang. Kebun itu merupakan panggung baginya untuk menyampaikan pesan-pesan tentang pentingnya makanan sehat.

Dari kebun di bagian selatan kantor presiden AS itu, Michelle berbicara antara lain tentang masalah kegemukan yang melanda anak-anak di Negeri Paman Sam itu, mengampanyekan pentingnya makan makanan segar dan mengajarkan anak-anak untuk menghargai sayur-mayur sejak dini. Lewat kebun itu juga ia menghilangkan keangkeran Gedung Putih. Ia mengundang orang-orang biasa untuk menjamahnya.

Para pembantunya mengatakan kebun tersebut telah memberi hasil di luar dugaan. Kebun yang ditanami aneka jenis sayur-mayur seperti bayam, kubis, dan wortel dengan bantuan murid-murid sekolah beberapa waktu lalu itu kini telah tumbuh subur.

Ibu-ibu negara sahabat yang bertemu dengannya bisa dipastikan akan menanyakan kebun itu. Hasil kebun juga telah dinikmati pegawai-pegawai Gedung Putih dan tetangga sekitarnya. Tak hanya itu, tangan dingin sang ibu negara telah menginspirasi warga AS untuk berkebun.

Saat Michelle mengunjungi program televisi anak-anak Scsame Street baru-baru ini untuk membantu Elmo, tokoh program tersebut, menanam benih sayuran, Big Bird bertanya apakah benar ia memakan benih tersebut Sang ibu negara menjawab, “Saya memakan apa saja yang tumbuh dari benih tanaman.”

Ia mendorong anak-anak untuk menghabiskan sayuran mereka. “Jika kaban memakannya, kalian akan tubuh besar dan kuat seperti saya,” ujarnya.

Karena terinspirasi oleh kebun tersebut, sebuah acara kuliner berjudul Iron Che/ America, seri televisi yang dibuat berdasarkan acara televisi jepang Iron Chef, pun digelar

Acara itu menampilkan adu keahlian memasak antara juru masak Gedung Putih Crislela Comer-ford dan Bobby Flay melawan dua juru masak top Amerika Mario Batali dan Emeril Lagasse. Mereka diwajibkan memakai semua bahan yang ada di kebun tersebut. Juru masak Gedung Putih akhirnya memenangi acara tersebut.

Kebun seluas 102 meter persegi itu telah menghasilkan lebih dari 455 kilogram kentang, tomat, terong, brokoli, dan sayur-mayur serta tumbuhan lainnya. Para juru masak memanfaatkan hasil kebun tersebut untuk jamuan makan Presiden Barack Obama sekeluarga dan tamu-tamu yang datang.

Di kebun itu juga terdapat sarang lebah yang telah menghasilkan madu. Michelle kerap menjadikannya cendera mata bagi pasangan pemimpin dunia yang berkunjung ke Gedung Putih. (Hde/AP/ ) (http://bataviase.co.id/node/47791)

Ide sederhana dari Michelle Obama patut ditiru oleh Ibu-ibu di seluruh dunia. Menanam sayuran di pekarangan rumah harus menjadi budaya di setiap negara. Kekurangan pangan yang selama ini terjadi bisa jadi karena begitu banyak orang yang malas untuk bercocok tanam. Semestinya kita malu pada Ibu Negara AS tersebut, karena dia tidak segan-segan untuk mengaduk-ngaduk tanah demi kelangsungan generasi masa depan.

Upaya sederhana ini benar-benar prilaku cerdas. Wajar jika Amerika menjadi negara adidaya.


Responses

  1. hai, salam kenal, kunjungi web poe yah http://iplogodesign.com/. poe bergerak di bidang brand consultant, menerima pembuatan logo untuk perusahaan maupun UKM


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: