Oleh: muhammadyusufansori | September 17, 2009

Mempertahankan Pelanggan Susu Segar

Persaingan dunia usaha menjadi kendala tersendiri untuk mengembangkan usaha, tidak terkecuali usaha peternakan. Persaingan tersebut bisa berupa ‘perebutan’ pelanggan dimana pelanggan menjadi ujung tombak usaha kita.
Ada banyak alasan kenapa pelanggan masih bertahan mengonsumsi produk kita. Keunggulan produk, kemudahan akses dan harga yang terjangkau menjadi bahan pertimbangann pembeli ketika dihadapkan pada produk yang sama. Bukanlah hal yang mudah untuk mempertahankan pelanggan agar tidak berpindah ‘ke lain hati’. Harus ada banyak inofasi yang dilakukan supaya usaha kita tetap bisa berjalan.
Susu segar sebagai salah satu produk peternakan rentan terhadap fluktuasi pembelian. Produk yang ditawarkan merupakan produk yang belum populer di masyarakat sehingga besar kemungkinan pelanggan akan kembali ke kebiasaan lamanya yakni mengonsumsi susu kemasan bermerek. Kepercayaan masyarakat pada khasiat susu segar belum begitu besar sehingga masih ada kemungkinan masyarakat memilih jalan lain untuk memenuhi kebutuhan gizinya.
Untuk itu, ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk mempertahankan pelanggan susu segar diantaranya:
1. Hitung kerugian jika kita kehilangan beberapa orang pelanggan. Dengan begitu, kita mengetahui biaya yang harus dikeluarkan untuk ‘merebut’ kembali hati pelanggan atau mencari pelanggan lain.
2. Catat kembali kegiatan sehari-hari yang biasa dilakukan pedagang. Perhatikan satu-persatu apakah ada kesalahan yang dilakukan sehingga ada pelanggan ‘kabur’. Bisa jadi, hilangnya pelanggan adalah kesalahan kita. Pelayanan yang kurang memuaskan, produk rusak atau kurangnya promosi bisa menjadi penyebab pelanggan melupakan atau meninggalkan produk kita.
3. Jika kita sudah tahu kesalahan kita, maka hal itulah yang harus diperbaiki. Tingkatkan promosi, perbanyak percakapan dengan pelanggan, jaga kebersihan, perbaiki penampilan dan tentu saja penuhi keinginan pelanggan merupakan langkah yang harus diambil.
4. Apabila hilangnya pelanggan akibat ulah dari pesaing kita maka cari tahu kelebihan dan kekurangannya. Kelebihan yang mereka miliki boleh kita tiru dan kelemahannya mesti dijauhi. Menurut Arifin Panigoro, perlakukanlah pesaing sebagai mitra usaha. Bisa jadi, rezeki kita datang dari infomasi yang mereka miliki.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: