Oleh: muhammadyusufansori | Desember 2, 2008

Beternak Domba dalam Rangka Menyambut Idul Qurban

images1Sudah menjadi kebiasaan ketika Idul Adha telah tiba, para petrnak, domba, sapi dan kerbau berburu pembeli. Even tahunan ini menjadi ajang untuk mencari keuntungan di balik bisnis dunia peternakan yang semakin terbuka luas. Potensi ini berkembang seiring dengan bertembahnya jumlah penduduk dunia yang membutuhkan bahan pangan terutama pangan sumber protein.

Dalam memenuhi kebutuhan hewan qurban, domba bisa menjadi alternatif dibandingakn sapi atau kerbau. Ada banyak kelebihan ternak domba dibandingkan dengan ternak sapi atau kerbau, diantara kelebihan tersebut adalah:

  1. Reproduksinya efisien, yang dapat ditingkatkan dengan jalan usaha perbaikan tatalaksana pemeliharan. Perbaikan tatalaksana pemeliharaan tersebut akan diikuti adanya kemampuan dalam meningkatkan jumlah atau kelahiran.
  2. Pada waktu laktasi, penggunaan energi untuk produksi air susu dapat lebih efisien dibandingkan dengan ternak lain.
  3. Daya adaptasi ternak yang tinggi, sehingga dapat mengkonsumsi lebih banyak jenis pakan hijauan.
  4. Domba memiliki daya seleksi yang lebih efektif dalam kondisi pengembalaan dibandingkan dengan jenis ternak yang lain.
  5. Domba lebih tahan terhadap beberapa penyakit, terutama Tryponoso miasis dibandingkan ternak lain. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa tanah yang tidak dapt digunakan untuk ternak lain, dapat dimanfaatkan oleh domba.

Selain kelebihan diatas, ternak domba juga mempunyai potensi ekonomi sebagai lapangan usaha dibandingkan dengan ternak besar lain, yakni:

  1. Badan ternak domba relatif kecil dan cepat dewasa, sehingga usaha ternak domba memiliki keuntungan ekonomi yang cukup tinggi.
  2. Domba merupakan ternak ruminansia kecil yang dalam pemeliharaan tidak memerlukan lahan atau tanah yang luas.
  3. Investasi usaha ternak domba membutuhkan modal relatif kecil, sehingga setiap investasi lebih banyak unit produksi yang dapa tercapai.
  4. Modal usaha untuk ternak domba lebih cepat berputarnya, sebab ternak domba cepat dewasa kelamin dan lebih cepat diptoong dibandingkan dengan ternak ruminansia lain seperti sapi atau kerbau.
  5. Karkas domba yang kecil akan lebih mudah dijual, sehingga relatif lebih cepat dikonsumsi. Hal ini sangat penting bagi daerah peternakan domba yang sistem pemasarannya belum sempurna atau jauh dari keramaian konsumen.
  6. Domba memiliki sifat suka bergerombol sehingga memudahkan dalam pemeliharaan sistem gembala, terutama jika pemeliharaan diserahkan anggota keluarga yang belum dewasa atau yang sudah sangat tua.

So, mari kita mulai beternak domba walapun dalam skala kecil. Hal yang terpenting adalah kemauan dalam diri kita untuk memulai. Coba kita perhatikan berbagai potensi ternak domba diatas, insya alloh, setiap tahun akan ada orang yang membeli domba kita untuk keperluan berkurban. Jadi, jangan khawatir kita mengalami kesulitan dalam memasarkannya. Mudah-mudahan, setiap ekor ternak yang kita miliki dapat menambah populasi ternak di Indonesia yang sudah mengalami penurunan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: